Khasiat daun sambiloto

Memuat...
KANDUNGAN 
Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid dan homoandrografolid, 14-deoksi-11, 12-didehidroandrografolid dan homoandrodrafolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, alkaloid, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik dan damar. Selain itu juga mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiradang. Daun sambiloto bersifat anti-platelet aggregasi sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah hingga tidak terjadi radang. Kadar kaliumnya yang tinggi membantu tubuh mengeluarkan air dan garam sehingga menurunkan tekanan darah. Zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat untuk melindungi sel hati dari zat toksik. 




SIFAT 

Herba ini rasanya pahit, dingin, masuk meridian paru, lambung, usus besar dan usus kecil. Anti-bakteri, antiradang, menghambat reaksi imunitas , penghilang nyeri (analgesik), pereda demam, menghilangkan panas dalam, penawar racun (detoksikasi).




BAGIAN YANG DIGUNAKAN 

Tumbuhan ini dipanen sewaktu tumbuhan ini mulai berbunga. Setelah dicuci, dipotongpotong seperlunya lalu dikeringkan.

KEGUNAAN;
Herba ini berkhasiat untuk mengatasi:
- Hepatitis, infeksi saluran empedu - Hipertensi - Disentri basiler, tifoid, diare - Influenza, radang amandel (tonsilitis), abses paru, radang paru (pnemonia), radang saluran napas (bronkitis), radang ginjal akut, radang telinga tengah, radang usus buntu, sakit gigi - Demam, malaria - Kencing nanah (gonore) - Diabetes - TBC Paru, skrofulodroma, batuk rejan (pertusis), sesak napas (asma) - Kusta - Leptospirosis - Keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut - Kanker: Penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (molahidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru. - Prostat - Luka akibat gigitan serangga - Demam akibat gigitan serangga

CARA PEMAKAIAN
Herba kering sebanyak 10 - 20 g direbus atau herba kering digiling halus menjadi bubuk lalu diseduh, minum 3 - 4 kali sehari, @ 4 - 6 tablet. Untuk pemakaian luar, herba segar direbus lalu airnya digunakan untuk cuci atau digiling halus dan dibubuhkan ke tempat yang sakit. seperti digigit ular berbisa, gatal-gatal atau bisul. Sebaiknya berkonsultasi dengan herbalis. Bagi yang tidak mau repot, bisa membeli kapsul herba yang sudah banyak tersedia di pasaran.

EFEK SAMPING
Minum rebusan obat ini dalam dosis besar dapat menimbulkan rasa tidak enak pada lambung dan hilangnya nafsu makan. Rasa pahit andrografolid dapat menimbulkan rasa mual.

Related Post



Tidak ada komentar:

Postingan Populer