Khasiat temu putih

Memuat...

KANDUNGAN KIMIA 
Rimpangan temu putih mengandung 1-2,5% minyak menguap dengan komposisi utama sesquiterpene. Minyak menguap tersebut mengandung lebih dari 20 komponen seperti curzerenone (zedoarin) yang merupakan komponen terbesar, curzerene, pyrocurcuzerenone, curcumin, curcumemone, epicurcumenol, curcumol (curcumenol), isocurcumenol, procurcumenol, dehydrocurdone, furanodienone, isofuranodienone, furanodiene, zederone, dan curdione. Selain itu mengandung flavonoid, saponin, polifenol, sulfur, gum, resin, tepung, dan sedikit lemak. Curcumol dan curdione berkasiat antikanker.
Bagian yang Digunakan Bagian tanaman yang digunakan adalah rimpangnya. Setelah dibesihkan, rebus rimpang, lalu jemur sampai kering. Setelah akarnya dibuang, iris rimpang tipis-tipis untuk disimpan. 


KHASIAT 
Rimpang temu putih rasanya sangat pahit, pedas dan sifatnya hangat, berbau aroamtik, dengan afinitas ke meridian hati dan limpa. Temu putih termasuk tanaman obat yang menyehatkan darah dan menghilangkan sumbatan, melancarkan sirkulasi vital energi (qi) dan menghilangkan nyeri. Rimpang temu putih berkasiat antikanker, anti radang (antiflogistik), melancarkan aliran darah, fibrinolitik, tonik pada saluran pencernaan.
Digunakan untuk pengobatan : 

- Nyeri sewaktu haid (dismenore) 
- Tidak datang haid (anemore) karena tersumbatnya aliran darah 
- Pembersihan darah setelah melahirkan 
- Memulihkan gangguan pencernaan makanan (dispepsi), seperti rasamual dan kembung 
- Sakit perut, rasapenuh dan sakit di dada akibat tersumbatnya energi vital 
- Pembesaran: hati (hepatomegali), Limpa (splenomegali) 
- Lukama memar, sakit gigi, radang tenggorok, batuk 
- Kanker : serviks, vulva, dan kulit 
- Meningkatkan efektivitas pengobatan radiasi dan kemoterapi pada penderita kanker.


 
Cara Pemakaian
Rebus rimpang temu putih kering (3-10 g). Untuk pemakaian luar, gunakan minyak asiri atau air pemerasan rimpang segarnya untuk pemakaian local, seperti luka memar, berbagai macam kelainan kulit. Abu dari rimpangnya bisa ditaburkan pada luka, borok, dan tubuh yang terkilir (keseleo). Rirnpang Curcuma zedoaria berkhasiat untuk pelega perut. Untuk pelega perut dipakai ± 100 gram rimpang Curcuma zedoaria dicuci, diparut, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Related Post



Tidak ada komentar:

Postingan Populer