Khasiat belut


Belut, biasanya hidup di sawah-sawah atau tepian sungai yang banyak lumpurnya, danau, parit, rawa. Belut sering bergerak atau keluar di malam hari. Siang hari bersembunyi di dalam lubang lumpur perairan atau celah-celah batu tanggul.
Di antara khasiat ikan belut ialah :
Memperkuat kondisi tubuh atau obat tonikum
Menghilangkan rematik
Memperkuat urat dan tulang
Mengobati rasa sakit di waktu kencing bagi wanita yang baru melahirkan.
Cara Penggunaan :
Daging belut dimasak dengan bumbu selera anda laludimakan. Untuk obat luar daging belut disayat tipis-tipis lalu ditem­pelkan pada bagian yang sakit. Bila sedang musim wabah penyakit sebaiknya mereka yang baru sembuh dari sakit jangan makan ikan belut, karena mudah kambuh.
Mereka yang berpenyakit panas namun tubuhnya lemah tidak boleh makan ikan belut.
Pada jaman dulu belut digunakan untuk memukul kaki anak kecil yang belum bisa berjalan (ringan dan tidak menyakitkan). Menurut kepercayaan anak kecil yang trantanan dan tidak lekas dapat berjalan jika dipukul (disabet) dengan belut maka anak tersebut lekas bisa berjalan. Cara menyabetkan sebagai berikut; belut dipegang kepalanya lalu badan dan ekornya disabetkan ke betis atau kaki di anak kecil. (Ilmu Warisan Leluhur)



Tidak ada komentar:

Tahukah Anda



Tafsir mimpi

Temukan tafsir mimpi dengan mengklik tautan berikut ini sesuai dengan huruf depan topik mimpi yang ingin Anda cari artinya:


Uncategorise