Penyebab Penis Bisa Bengkok


Pria yang memiliki bentuk penis bengkok atau disebut dengan penyakit Peyronie, seringkali merasa rendah diri, minder dan takut tidak bisa menjalani kehidupan seksual secara normal. Kenapa penis bisa bengkok dan bagaimana mengatasinya?

Penyakit Peyronie ditandai oleh plak atau benjolan keras, yang terbentuk pada jaringan ereksi penis. Plak sering terbentuk karena suatu peradangan yang dapat berkembang menjadi jaringan fibrosa.

Penyakit Peyronie pertama kali dijelaskan pada tahun 1743 oleh seorang ahli bedah Perancis, Francois de la Peyronie. Penyakit ini diklasifikasikan sebagai bentuk impotensi tetapi hal itu tidak selalu benar.

Pada kondisi normal, ereksi penis biasanya lurus seperti panah. Tapi pada penderita Peyronie, penis bisa melengkung tajam ke arah kiri, kanan, atas atau bawah, bahkan menjadi lebih pendek, sehingga membuat hubungan seksual tidak mungkin terjadi.

Meskipun penyebab penyakit Peyronie tidak diketahui pasti, beberapa dokter berteori bahwa kelengkungan terjadi akibat adanya trauma pada penis. Adanya gesekan secara tidak langsung yang menyebabkan cedera atau pendarahan ringan.

Nah, selama masa penyembuhan dari cedera itu, faktor pertumbuhan tertentu mengalami peningkatan susunan yang menyebabkan sejumlah jaringan parut abnormal atau plak terbentuk. Plak pada penyakit Peyronie ini adalah jinak atau non-kanker.

Secara umum, ketika penyembuhan dalam kurun waktu satu tahun atau lebih, plak tidak melampaui fase awal peradangan. Namun, ketika penyakit berlangsung selama bertahun-tahun, plak sering menjadi keras membentuk jaringan fibrosa dan deposit kalsium pun dapat terbentuk.

Biasanya pada saat ereksi, jaringan elastis pada penis mengembang dan memanjang secara simetris, mengakibatkan ereksi lurus.

Seperti dilansir dari malehealthcenter, Kamis (25/3/2010), pada penyakit Peyronie, jaringan elastis tunica digantikan oleh jaringan parut (plak). Karena plak tidak bersifat elastis tapi agak keras, menyebabkan tidak terjadi peregangan pada saat ereksi.

Penyakit ini diawali dengan benjolan kecil atau penyempitan pada batang penis bawah kulit, yang berkembang membentuk deposit datar yang kadang-kadang lebih besar dari diameter dolar logam (sekitar 7 cm).

Plak ini menyerang dan menggantikan penutup elastis penis dengan bahan yang tidak fleksibel. Ketika seorang pria dengan Peyronie mengalami ereksi, plak tidak mengembang sehingga penis melengkung atau bengkok.

Sepertiga laki-laki dengan Peyronie merasa rasa sakit pada saat ereksi, dan beberapa lainnya menjadi impoten. Dalam beberapa kasus, kepala penis tidak terisi darah.

Karena peradangan pada awalnya dikaitkan dengan jaringan parut, mengakibatkan ketidaknyamanan dengan ereksi dan distensi. Banyak pasien mengeluh tidak hanya karena kelengkungan ereksi, tetapi juga karena berkurangnya panjang dan ketebalan penis. Ini semua karena berkurangnya jaringan elastis dan distensi yang dihasilkan.

Kebanyakan pasien dengan penyakit Peyronie dapat terus berfungsi secara seksual dengan lengkungan di penis. Hanya beberapa pasien dengan distorsi yang lebih besar, tidak dapat memiliki hubungan seksual yang memuaskan.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa pria dengan penyakit Peyronie kehilangan kemampuan untuk menjebak darah di penis atau impotensi. Hal ini bisa terjadi, meskipun sulit membedakan antara orang yang memiliki masalah di penis dan orang yang kehilangan ereksi sekunder karena kecemasan dan stres.

Penyakit Peyronie adalah penyakit yang sangat umum. Kebanyakan usia paruh baya, meskipun ada pasien muda usia 20-an tahun dan ada beberapa pria usia 80-an tahun yang masih aktif secara seksual mengeluhkan penyakit ini.

Penis yang melengkung ini dapat diluruskan. Tujuan sebenarnya adalah untuk menjaga atau mengembalikan fungsi seksual pria. Yakinlah, sama sekali tidak ada hubungan antara penyakit Peyronie dan kanker, atau penyakit lainnya.

Pasien penis bengkok direkomendasikan minum vitamin E tiga kali per hari. Vitamin E dapat meningkatkan penyembuhan dan mencegah jaringan parut. Selain itu, ada juga Advil atau Aleve untuk efek anti-inflamasi.

Untuk pria dengan rasa sakit yang signifikan pada saat ereksi, obat bernama colchicine dapat digunakan. Sebelum memulai pengobatan ini, pasien harus memiliki memeriksa jumlah darah putih untuk memastikan bahwa tidak ada perubahan dengan pengobatan ini.

Umumnya, tidak diperlukan pembedahan pada penyakit Peyronie. Dan tidak direkomendasikan memberikan suntikan steroid ke dalam plak, karena ini sama sekali tidak membantu.

Ketika proses penyakit berhenti, biasanya ada beberapa sisa distorsi dari penis, tetapi sebagian besar pasien dapat berfungsi secara seksual. Namun, jika ada cukup distorsi dari penis, sebaiknya menghindari hubungan seksual dan pembedahan dimungkinkan untuk dilakukan. (Ilmu Warisan Leluhur)



Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button

Tidak ada komentar:

Horoskop Jawa ( Pranata Mangsa )

Mangsa Kaso [23 Juni–2 Agustus]
Mangsa Karo [3 Agustus–25 Agustus]
Mangsa Katelu [26 Agustus – 18 September]
Mangsa Kapat [19 September – 13 Oktober]
Mangsa Kalima [14 Oktober – 9 Nopember]
Mangsa Kanem [10 Nopember – 22 Desember]
Mangsa Kapitu [23 Desember - 3 Pebruari]
Mangsa Kawolu [4/5 Pebruari - 1 Maret]
Mangsa Kasanga [2 Maret – 26 Maret]
Mangsa Kasadasa [27 Maret – 19 April]
Mangsa Desta [20 April – 12 Mei]
Mangsa Saddha [13 Mei – 22 Juni]

Tahukah Anda

( Selengkapnya... )
Tafsir Mimpi

Temukan tafsir mimpi dengan mengklik tautan berikut ini sesuai dengan huruf depan topik mimpi Anda :
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W Y Z



Uncategorise

( Selengkapnya... )
Tips Tradisional

( Selengkapnya... )
Makna Tembang Macapat

Mijil
Maskumambang
Kinanthi
Sinom
Dhandanggulo
Asmaradana
Gambuh
Durma
Pangkur
Megatruh
Pocung
Wirangrong
Pungkasan


Cerita Wayang

( Selengkapnya... )

Karakter Zodiak
Aquarius Aries Cancer Capricorn Gemini Leo Libra Pisces Sagitarius Scorpio Taurus Virgo

Tanaman Penangkal Radiasi Ghaib
Tebu Wulung Kemuning Jawa Pinang Merah Kaktus Mawar Pohon Tanjung Bambu Kuning Cocor Bebek Jambu Dersono Pohon Serut
Mengetahui Pasaran Hari Lahir Anda ( Weton )

  


Info Lowongan Kerja Terbaru