Legenda Kucing Pesugihan


anyak macam hewan piaraan, tidak semuanya baik. Ada yang bisa membawa petaka sekaligus mendatangkan rezeki pemiliknya. Salah satu jeninya adalah jenis ingon-ingon (piaraan) kucing yang dapat mendatangkan kekayaan. Benarkah?

Bagi pemiliknya atau yang memelihara kucing lazim di sebut pesugihan kucing. Adapun sesaji yang terdiri kemenyan arab lampu kembang (lampu minyak kelapa) yng selalu nyala, serta kembang boreh campur kantil wajib disediakan setiap harinya. Sesaji ini dimaknai sebagai sandingan (wajib disiapkan) dan diletakkan di dalam kamar khusus yang tidak sembarang orang boleh memasukinya. Itulah salah satu syarat dari penganut pesugihan kucing.

Tak hanya itu. Pelaku pesugihan ini senantiasa hidup menyendiri, tanpa keluarga hanya bersama istri. Sedangkan anak-anaknya acapkali sering diungsikan atau sengaja dibuatjan rumah sendiri yang jauh dari rumah yang ditempatinya. Tujuannya, supaya kucing piaraannya bisa leluasa berada di rumah tanpa ada gangguan atau yang bisa mengusik keberadaannya. Juga hewan sejenis yang tiba-tiba nyelonong masuk ke dalam rumah.

Pesugihan kucing memang tergolong langka sekaligus penuh misteri. Sebab, datang dan perginya, sama-sama misteriusnya atau tidak diundang. Kemudian tidak semua jenis kucing bisa mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya, bisa dikenali dengan mengacu pada gerak-geriknya.

Jika seekor kucing selalu menatap majikannya tanpa berkedip saat berada di dekat sesaji, itu sebagai isyarat baik bagi majikannya. Rezeki atau pekerjaan bakal datang dalam waktu tidak terlalu lama. Isyarat lain, kalau kucing terus-menerus menggeliat tak jauh dari sesaji. Dipercaya pemiliknya bakal mendapat kekayaan beruntun.

Namun, tidak semua jenis kucing bisa mendatangkan kekayaan bagi majikannya. Kucing yang bisa seperti tak lain adalah kucing yang sejak lahir menderita tuli. Seperti diisyaratkan dalam primbon Jawa bahwa kucing bisu yang corak bulunya serupa atau sewarna dinamai wisnutapa. Kucing jenis ini pembawaannya selalu baik dan orang yang memelihara bakalan lekas kaya.

Kendati demikian, tidak mudah untuk mendapatkan kucing seperti itu. Lazim terjadi, hewan itu tanpa diduga datang sendiri ke rumah yang dituju. Lalu secara gaib, pemilik rumah seperti mendapat petunjuk gaib aga menyediakan sesaji yang ubarampenya seperti yang tertulis di atas. Pesugih kucing dipercaya tidak meminta lebon (tumbal) nyawa pemiliknya. Namun tanpa sebab yang pasti, kucing itu tiba-tiba menghilang dari rumah majikannya. Seiring dengan itu, rezeki orang itu berangsur surut sampai akhirnya kembali lagi seperti saat kucing pembawa kekayaan itu datang ke rumahnya.

Pembawa Rezeki

Seandainya kucing yang dipercaya sebagai pembawa kerezekian atau kekayaan itu bisa diternakkan, dapat dipastikan kita semua tak perlu repot harus bekerja keras untuk mendapat kekayaan. Namun, cukup santai di rumah sembari memberi makan sang kucing ajaib tersebut,lengkap dengan sesajinya. Namun jika kita mau jeli ada jenis kucing tertentu yang diyakini bisa membawa rezeki untuk majikannya. Seperti kucing kusumawibawa. Kucing itu corak kepala dan telapak kainya berunsur warna putih kepucatan. Manfaatnya,bisa mendatangkan rezeki berlimpah bagi pemiliknya.

Adapun kucing waluntamananggal. Sekujur bulu di tubuhnya berwarna hitam legam. Tapi bulu di bagian perut sebelah kiri sedikit ada warna putih. Kegunaannya, membawa rezeki dan keselamatan. Berikutnya kucing cadramawa. Kucing yang banyak terdapat unyeng-unyeng (pusar kepala) dengan segala corak besar. Pemiliknya senantiasa mendapat kemuliaan dan bisa meraup rezeki. Kemudian kucing wisnutap. Kucing bisu dengan segala corak. Manfaatnya, pemilik kucing ini senantiasa dikabulkan doanya dan diberi keselamatan dan rahayu.

Selain itu, kucing brahmapat. Kucing yang coraknya kembang asem (kuning kecoklatan campur putih) berekor pendek dan ekornya ada kemerah-merahan. Manfaatnya pemilik punya banyak kesempatan meraup keberuntungan dan keselamatan meski termasuk boros. Adapun kucing sanggabuwana. Corak bulunya putih sampai bagian dada. Di punggung ada warna hitam. Namun keburukannya, mudah mendatangkan penyakit sekaligus pemeliharaan selalu dirundung masalah.

Adalagi kucing amengku. Kucing ini corak bulunya putih dan bulu di bagian kepala terdapat garis hitam sampai di dada. Manfaatnya antara lain membawa keberuntungan dan keselamatan. Pemiliknya akan dijauhkan dari marabahaya. Selanjutnya kucing putrakajantaka, bulunya hitam mulus dengan ekor panjang. Kucing ini tidak baik dipelihara karena punya watak memuntahkan darah. Dan pemiliknya akan sering tertimpa bencana. Benar tidaknya semua itu, kita tidak boleh meminta pertolongan kepada selain Allah karena hukumnya musyrik.(jawa pos) (Ilmu Warisan Leluhur)



Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button

Tidak ada komentar:

Horoskop Jawa ( Pranata Mangsa )

Mangsa Kaso [23 Juni–2 Agustus]
Mangsa Karo [3 Agustus–25 Agustus]
Mangsa Katelu [26 Agustus – 18 September]
Mangsa Kapat [19 September – 13 Oktober]
Mangsa Kalima [14 Oktober – 9 Nopember]
Mangsa Kanem [10 Nopember – 22 Desember]
Mangsa Kapitu [23 Desember - 3 Pebruari]
Mangsa Kawolu [4/5 Pebruari - 1 Maret]
Mangsa Kasanga [2 Maret – 26 Maret]
Mangsa Kasadasa [27 Maret – 19 April]
Mangsa Desta [20 April – 12 Mei]
Mangsa Saddha [13 Mei – 22 Juni]

Tahukah Anda

( Selengkapnya... )
Tafsir Mimpi

Temukan tafsir mimpi dengan mengklik tautan berikut ini sesuai dengan huruf depan topik mimpi Anda :
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W Y Z



Uncategorise

( Selengkapnya... )
Tips Tradisional

( Selengkapnya... )
Makna Tembang Macapat

Mijil
Maskumambang
Kinanthi
Sinom
Dhandanggulo
Asmaradana
Gambuh
Durma
Pangkur
Megatruh
Pocung
Wirangrong
Pungkasan


Cerita Wayang

( Selengkapnya... )

Karakter Zodiak
Aquarius Aries Cancer Capricorn Gemini Leo Libra Pisces Sagitarius Scorpio Taurus Virgo

Tanaman Penangkal Radiasi Ghaib
Tebu Wulung Kemuning Jawa Pinang Merah Kaktus Mawar Pohon Tanjung Bambu Kuning Cocor Bebek Jambu Dersono Pohon Serut
Mengetahui Pasaran Hari Lahir Anda ( Weton )

  


Info Lowongan Kerja Terbaru