Khasiat Temulawak

Memuat...
Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai :
- obat jerawat 
- meningkatkan nafsu makan 
- anti kolesterol 
- anti inflamasi 
- anemia 
- anti oksidan 
- pencegah kanker 
- anti mikroba

Temulawak juga berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi beraneka macam Penyakit 
- gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu , membantu pencernaan ,mengatasi radang kandung empedu dan batu empedu , radang lambung, gangguan ginjal ,menurunkan kadar kolesterol tinggi , anemia/kurang darah, melancarkan peredaran darah, , gumpalan darah , malaria, demam ,campak ,pegal linu , rematik , sakit pinggang , peluruh haid , keputihan , sembelit , ambeien,batuk, asma, radang tenggorokan.


PENGOBATAN
Gangguan Lever 

Untuk gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.
Radang Sendi 

Pada radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.
 

Peluruh Haid 
Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.

Radang Empedu 

Bila sakit radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Batu Empedu 

Untuk mengatasi batu empedu, gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum. Menurunkan kadar kolesterol tinggi, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.

Radang Lambung 

Mengatasi masalah radang lambung, gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

Batuk dan Radang Saluran Nafas 

Mengobati batuk dan radang saluran nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.
Lakukan resep ini dua kali sehari secara teratur. Sedangkan, untuk penyakit berat/ serius disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter. 

Related Post



Tidak ada komentar:

Postingan Populer