Sembilan roh manusia

Memuat...

Menurut dunia kebathinan,Ada 9 jenis roh dalam manusia, yaitu :

1. Roh Idhofi
Disebut pula dengan "Johar awal suci". Karena roh inilah manusia bisa hidup. Jika roh ini keluar dari raga. Maka manusia tersebut akan meninggal. Roh ini adalah roh utama yang memerintah roh lainnya. Meskipun ke delapan roh yang lain keluar, manusia akan tetap hidup. Tetapi jika roh Idhofi yang keluar, maka roh-roh yang lain akan ikut keluar pula. Apabila kita telah mencapai tataran bathin tingkat tinggi, kita akan dapat melihat wujud roh ini, yaitu sama persis dengan kita. Alam roh ini adalah cahaya terang benderang yang berasa sejuk tenteram.

2. Roh Robbani
Alamnya berada didalam cahaya kuning, diam tak bergerak. Jika kita berhasil menemuinya, maka kita tidak akan berkehendak, hati tenteram tubuhpun patirasa.

3. Roh rohani
Roh ini membuat manusia berkehendak suka dan tidak suka, baik dan buruk. Roh ini menempati 4 nafsu manusia (seperti disebutkan pada penyuwunan derajat). Roh ini mengikuti penglihatan dan apabila kita mampu mengendalikannya, maka akan tercapai kemuliaan. Jika roh ini meninggalkan tubuh, maka kita tak akan memiliki nafsu lagi.

4. Roh Nurani
Roh ini memiliki sifat terang dalam hati. Jadi, Apabila roh ini meninggalkan tubuh, maka hati & pikiran kita menjadi gelap. Roh ini menguasai nafsu muttmainnah. Jadi, apabila roh ini menonjol, maka orang tersebut akan tampak bercahaya mukanya dan terpuji perbuatannya.

5. Roh Kudus
Roh ini memberi dorongan kepada manusia untuk selalu beribadah serta berbuat kebajikankepada sesamanaya.

6. Roh Rohmani
Roh ini mempengaruhi manusia untuk berbuat pemurah, tidak kikir dan berjiwa sosial.

7. Roh Jasmani
Roh ini wujudnya mirip dengan kita, tetapi warnanya merah. Roh ini menguasai nafsu Amarah dan nafsu hewani, misalnya malas dan sebagainya. Roh ini uga menyebabkan berasa sakit,lapar,haus dan sebagainya. Karena itu, apabila roh ini pergi, maka kita tidak merasakan sakit meskipun tertusuk pisau tajam.

8. Roh Nabati
Roh ini mengendalikan pertumbuhan dan perkenbangan tubuh manusia sejak lahir.

9. Roh Hewani
Roh ini mengendalikan otak untuk bermimpi. Jadi pada saat bermimpi, roh inilah yang melakukannya. Jika roh ini keluar, kita akan tertidur. Kepergian dan kedatangan roh ini diatur oleh roh Idhofi

Related Post



1 komentar:

bulu perindu sukma mengatakan...

boleh pasang iklan gan? jik boleh kabari di gmail buluperindusukma@gmail.com

Postingan Populer