Bolu Rambatan Lemah

Memuat...
Bolu Rambatan Lemah

Artinya, bolu (sejenis tanaman yang tumbuh merambat), rambatan lemah (merambat di tanah). Terjemahan bebasnya, tanaman bolu yang merambat di atas tanah. Makna yang ingin disampaikan adalah, gambaran dari suatu perkara yang saling terkait dengan begitu rumitnya, sehingga sulit diselesaikan karena masalahnya terus berkembang meluas.

Di Indonesia, contoh permasalahan seperti ini sangat banyak. Misalnya saja, perkara korupsi. Meskipun sudah menggunakan berbagai macam cara untuk mengatasinya, namun tetap saja korupsi belum dapat diberantas sampai tuntas. Bahkan, muncul gejala berkembang kemana-mana. Bahkan, di daerah terpencil pun ada koruptor, mulai dari kelas teri hingga yang berskala ratusan juta rupiah.

Keadaan demikian mengindikasikan bahwa kesempatan dan pelaku korupsi tidak dapat digambarkan seperti halnya “pepohonan besar di hutan belantara”. Melainkan sama halnya bolu yang merambat di tanah, atau rumpun ilalang yang akhirnya akan memenuhi lahan jika tidak dibongkar sampai akar-akarnya. Banyak permasalahan yang tampaknya kecil, sederhana, namun kita jangan terkecoh dan harus tetap waspada. Sebab, jika dibiarkan, bukan mustahil nanti akan menjadi perkara besar yang sulit diberantas karena akarnya telah menjalar ke dalam pribadi jutaan orang.

Related Post



Tidak ada komentar:

Postingan Populer