10 Malaikat dan Tugasnya

Memuat...
Berapakah jumlah malaikat seluruhnya? Sejauh ini baik Al-Qur'an maupun hadits tidak menyebutkan jumlah malaikat secara pasti. Tetapi tidak mustahil jumlah mereka mencapai ribuan atau bahkan jutaan. Hal ini tersirat dari beberapa hadits berikut ini. Hakim bin Hazam memberitahukan, ketika Rosulullah saw. berada di antara sahabatnya, beliau bertanya, "Apakah kalian mendengar apa-apa yang aku dengar?" Mereka menjawab, "Kami tidak mendengar apa pun." Beliau bersabda, "Sungguh aku sedang mendengar bunyi derap langkah dari langit yang tidak pernah berhenti, sedangkan di sana tidak ada sejengkal pun tempat, kecuali ditempati oleh malaikat yang bersujud, atau berdiri." (HR. Thobroni)

Dalam hadits yang menerangkan tentang Isro' Mi'roj, Nabi Muhammad saw. antara lain menerangkan, "Kemudian aku dinaikkan ke Baitul Makmur, dan tiba-tiba aku menemukan pada setiap hari tempat itu dimasuki 70000 (tujuh puluh ribu) malaikat." (HR. Bukhori Muslim) Kelak juga ada tujuh puluh ribu malaikat yang menyeret manusia ke neraka Jahanam. 


Ibnu Mas'ud menceritakan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Pada hari itu akan dimasukkan ke dalam Jahanam 70.000 (tujuh puluh ribu) kelompok orang yang berdesakan. Dalam setiap kelompok itu terdapat 70000 (tujuh puluh ribu) malaikat yang menyeret." (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Yang mengetahui secara pasti jumlah malaikat hanyalah Allah SWT. "Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu, kecuali Dia sendiri." (QS. 74/Al-Muddatstsir: 31)

Berikut kami uraikan sepuluh nama malaikat dan tugas mereka masing-masing.

1. Jibril as., mengepalai seluruh malaikat. Ia memiliki beberapa nama lain, ialah Namus, Ruhul Amin (roh yang diberi kepercayaan) dan Roh Kudus (roh yang suci). Nabi Muhammad Rosulullah saw. pernah melihat rupa aslinya. "Sungguh dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain." (QS. 53/ An-Najm: 13)

Malaikat Jibril as. juga pernah menampakkan diri menjadi seorang pria kepada ibunda Nabi Isa as. Ceritakanlah (Muhammad) kisah Maryam di dalam Kitab (Al-Qur'an), ketika ia mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu ternpat di sebelah timur (Baitulmaqdis), lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka, lantas Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. Dia (Maryam) berkata, "Sungguh aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa". Dia (Jibril) berkata, "Sungguh aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak lelaki yang suci." (QS. 19/ Maryam: 16-19)

Malaikat Jibril as. bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rosul. "(Dia-lah) Yang Mahatinggi Derajat-Nya, Yang memiliki 'Arasy, yang menurunkan wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hambaNya agar memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat)." (QS. 40/Al-Mukmin: 15) Dia pula yang menyampaikan ayat-ayat Al-Qur'an kepada Muhammad Rosulullah saw. Katakanlah (Muhammad), "Barang siapa memusuhi Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al-Qur'an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan (kitab-kitab) terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman." (QS. 2/ Al-Baqoroh: 97)

2. Mikail as., adalah malaikat yang bertugas membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah SWT. "Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rosul-rosul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir." (QS. 2/ Al-Baqoroh: 98)
Malaikat Mikail as. juga kerap mendampingi malaikat Jibrilas. melaksanakan tugas-tugasnya, antara lain:

-Sewaktu Jibril as. membedah dada Nabi Muhammad saw., Malaikat Mikail as. yang mengambil air zam-zam untuk mencuci hati beliau.

-Mendampingi Malaikat Jibril as. mengantarkan Nabi Muhammad saw. melakukan isro' mi'roj.


3. Izroil as., adalah malaikat yang bertugas mencabut ruh (nyawa) semua makhluk Allah SWT. termasuk mencabut nyawa para malaikat, dan kelak mencabut nyawanya sendiri. Karena itu dia mendapat julukan "malaikat maut", yang mengantarkan kematian. Tentu saja tugas tersebut dia lakukan setelah mendapat perintah dari Allah SWT. "Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras, dan demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut." (QS. 79/ An-Nazi'at: 1-2)

4. Isrofil as., adalah malaikat yang bertugas meniup sangkakala (terompet) pada saat tiba hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan dari alam kubur kelak. "Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS. 39/Az-Zumar: 68)

Dalam suatu doa, Nabi Muhammad saw. juga pernah menyebut nama Isrofil. "Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Isrofil, Pencipta langit dan bumi. Yang Maha mengetahui yang gaib dan zhohir, Engkaulah yang menghukum di antara hamba-Mu pada apa-apa yang mereka perselisihkan, tunjukilah aku kebenaran dari apa-apa yang diperselisihkan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjuki siapa saja yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus." (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi, dari 'Aisyah ra.)

5. Roqib as., adalah malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan perbuatan baik manusia.

6. Atid as., adalah malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan semua perbuatan jahat manusia. Tentang kedua malaikat ini, diterangkan dalam Al-Qur'an, "Sungguh bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. 82/A1-Infithor: 10-12)

7. Munkar as. dan 8. Nakir as, adalah malaikat yang bertugas menginterogasi manusia di alam kubur. Abu Huroiroh ra. menceritakan, Rosulullah saw. bersabda, "Apabila seorang mayat atau seorang kamu telah dikuburkan maka datanglah kepadanya dua malaikat yang berwarna hitam dan biru. Yang satu bernama Munkar, dan satu lagi bernama Nakir. Lalu keduanya bertanya, "Bagaimana pendapatmu tentang pria ini?"

Jika ia menjawab, "Dia adalah hamba Allah dan Rosul-Nya, saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah hamba dan Rosul-Nya", maka keduanya berkata, "Kami sudah mengetahui bahwa kamu mengatakan kalimat ini. Lalu kuburnya diluaskan hingga tujuh puluh hasta kali tujuh puluh hasta, dan diterangi dengan cahaya. Kemudian dikatakan kepadanya, "Tidurlah kamu", ia menjawab, "Bolehkah aku kembali kepada keluargaku di dunia agar aku dapat menceritakah kepada mereka apa yang terjadi?" Kedua malaikat itu berkata, "Tidurlah kamu seperti tidurnya seorang penganten yang tidak akan dibangunkan kecuali oleh istrinya yang paling dia cintai, hingga Allah membangkitkannya."

Jika mayit itu seorang munafik, maka ia akan menjawab, "Aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu, maka aku pun ikut mengatakan seperti perkataan mereka, sedangkan aku tidak memahami." Lalu kedua malaikat itu berkata, "Kami mengetahui bahwa kamu mengatakan demikian." Maka diperintahkan kepada bumi, "himpitlah dia." Bumi pun menghimpit mayat itu hingga tulang-tulang rusuknya berantakan, dan is akan selalu diazab hingga Allah SWT membangkitkannya kelak." (HR. Tirmidzi dan Ibnu 'Ashim)

9. Ridwan as. adalah malaikat yang bertugas menjaga pintu surga tempat manusia menerima imbalan dari ketaatan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

10. Malik as. adalah malaikat yang bertugas menjaga neraka, tempat manusia menerima imbalan dari kedurhakaannya kepada Allah SWT. Mereka berseru, "Wahai (malaikat) Malik, biarlah Tuhanmu mematikan kami saja." Dia menjawab, "Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)." (QS. 43/ Az-Zukhruf: 77)

Related Post



Tidak ada komentar:

Postingan Populer